Tuesday, April 28, 2020

Merancang Desain Pembelajaran Modern


Tema                                    : Merancang Desain Pembelajaran Modern
Tanggal                                : 28 April 2020 ( Pertemuan 15 )
Waktu                                  : 13.00 – 15.00 WIB
Narasumber                        : Dr. Paidi, S.Pd. M.TPd.
Moderator                           : Om Jay

Pembelajaran hari ini disampaikan oleh Bapak Dr.Paidi yang juga adalah seorang Kepala Sekolah dan ketua MKKS. Beliau juga telah memperoleh beberapa tanda penghormatan dari Pemerintah Republik Indonesia serta telah mempublikasikan banyak buku serta jurnal International.
Desain model pembelajaran bertujuan mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang terarah, terpadu dan menyeluruh serta upaya produktif dan kreatif seluruh kompnen bangsa agar dapat berkembang secara optimal sesuai potensinya. Kualitas sumber daya manusia akan menjadi kunci utama dalam persaingan era MEA.

Bapak Dr. Paidi menjelaskan bahwa dalam proses perancangan sebuah desain pembelajaran, maka diperlukan 11 langkah yakni :
  1. Data dan Informasi
  2. Identifikasi kebutuhan peserta didik
  3. Melakukan analisis instruksional
  4. Menganalisis karakteristik peserta didik
  5. Merumuskan tujuan instruksional
  6. Menyusuninstrumen tes
  7. Menyusun starategi instruksional
  8. Mengembangkan dan memilih bahan instruksional
  9. Revisi
  10. Evaluasi formatif
  11. Evaluasi sumati

Proses desain pembelajaran modern ini dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi awal selanjutnya merumuskan tujuan instruksional, menganalisis instruksional, karakteristik peserta didik kemudian menyusun instruksional khusus, dan instrumen penilaian ( menyusun strategi instruksional dalam blended learning yang terdiri dari face to face dan online learning serta mengembangkan bahan pembelajaran yang terdiri dari bahan pembelajaran cetak dan pembelajaran online. Selanjutnya evaluasi dengan salah satu ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Proses selanjutnya adalah evaluasi bahan 1 dengan peserta didik, bahan 2 dengan kelompok kecil, bahan 3 tahap uji coba lapangan, setelah itu barulah dapat dikatakan prototipe/ model bahan pembelajaran.

Mendesain buku pembelajaran membutuhkan kesabaran dan kerja keras, materi dari Bapak Paidi sungguh luar biasa, semakin menambah pengetahuan wawasan saya. Terima kasih banyak Pak Paidi dan Om Jay telah membagikan lagi hadiah yang indah, semoga hal ini akan menambah manfaat bagi kami semua.


Oleh      : Bernad Thino Kalua, S.Pd.
SMK Kristen Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan


No comments: